Stay Away From KiosPay

Stay Away From KiosPay


Sebetulnya saya tidak ingin menulis tentang hal ini karena Dona Akbar, pemilik KiosPay, secara langsung pernah meminta saya untuk tidak membuat artikel tentang masalah yang terjadi pada KiosPay di blog ini dan berjanji untuk menyelesaikan semua permasalahan tersebut dengan baik. Saya pegang janji itu hingga sekarang. Namun pada kenyataannya, yang membuat saya kecewa adalah, situs web KiosPay sampai detik ini masih AKTIF, padahal kondisi “keuangan” mereka belum kembali normal. Selain masih banyak pelanggan lama yang belum mendapatkan refund seperit yang dijanjikan, kian banyak pula pelanggan baru yang terjebak dalam lingkaran scam KiosPay. Tidak perlu saya contohkan komentar-komentar yang masuk ke YM saya, yang mengeluhkan tentang uang mereka yang hilang tak berbekas di KiosPay.


Berapa banyak yang menjadi korban? Entah. Beberapa di antaranya dapat Anda baca “curhatnya” di sini. Saya sendiri juga salah satunya kok. Bahkan sebelum yang lain mengeluhkan masalah keterlambatan pencairan Paypal mereka, saya sudah merasakannya. Saat itu saya masih mencoba memahami kesibukannya (dan alasan-alasan yang diberikan), sehingga tidak pernah sekalipun mengajukan protes.


Namun ada satu alasan yang ternyata agak diragukan kebenarannya, yaitu mengenai durasi waktu withdraw dari Paypal ke rekening CC kita. Pihak KiosPay mengatakan bahwa proses ini dapat memakan waktu 7 hingga 10 hari. Pada kenyataannya, semenjak saya memiliki akun Paypal sendiri, proses withdraw tidak pernah berlangsung lebih dari 3 hari.


Yah, kecuali Tuhan, tidak ada yang tahu kebenaran perkataan KiosPay mengenai durasi waktu withdraw mereka yang selalu memakan waktu satu minggu lebih itu. Juga tidak ada yang tahu kebenaran teori konspirasi saya berikut ini:


Once upon a time, pihak KiosPay butuh duit dan ia memutuskan untuk menggunakan dana (milik orang lain yang belum dicairkan) yang ada di akun Paypal KiosPay. Toh nanti jika ada dana masuk, komisinya dapat digunakan untuk menutup bagian yang ia gunakan tadi. Ternyata, entah salah perhitungan atau dana yang digunakan terlalu banyak, segala sesuatunya tidak berjalan mulus. Komisi yang diharapkan bisa menutupi, tetap saja kurang. Alhasil, terpaksa waktu pencairan dana yang dijanjikan ke pelanggan diundur, hingga KiosPay memiliki suntikan dana untuk menutup lubang-lubang yang ia gali sebelumnya.


Darimana asal suntikan dana? Salah satunya adalah dana yang dikirimkan oleh pelanggan baru. Sehingga, duit Paypal atau jasa layanan yang diterima dari pelanggan baru bukannya diproses sesuai order-nya, melainkan digunakan untuk “melunasi hutang” mereka ke pelanggan lama. Karena ini terjadi terus-menerus, deret pelanggan yang dirugikan semakin lama semakin panjang. Mungkin bahkan nanti bakal melebihi deret bilangan prima, hehehe.



Apakah benar seperti itu yang terjadi? Sekali lagi, hanya Tuhan yang tahu. Saya pun untuk saat ini hanya bisa mengatakan, STAY AWAY FROM KIOSPAY!


Buat yang sudah terlanjur bertransaksi, ya ikhlaskan saja ya :)


Dan buat pemilik KiosPay, saya tidak akan menulis artikel ini jika dari awal — sejak “permintaan maaf” Anda di forum AdSense-ID bulan lalu — Anda mem-follow-up gonjang-ganjing yang terjadi di KiosPay dengan menutup situs web Anda dan tidak menerima pelanggan baru. Pada kenyataannya, Anda justru tetap membuka situs tersebut tanpa ada pemberitahuan sedikit pun di sana dan mengakibatkan lebih banyak lagi orang yang tertipu. Tanpa perlu buka kamus, you’re definitely a scammer. Period.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 23 January 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Google