[Kunci SEO 2008] Content

[Kunci SEO 2008] Content


Sekarang kita sampai di bagian ketiga dari artikel mini-seri “Kunci SEO 2008“. Setelah sebelumnya menggosipkan masalah Informasi Kontak dan Mobile Access, sekarang saatnya bergunjing perihal Content. Diskusi tentang content memang tidak pernah akan ada habisnya, apalagi berkaitan dengan SEO yang terkadang menjadikannya penuh pro dan kontra. Nah, seperti apa sih content situs web atau blog yang disukai oleh Google di tahun 2008 ini?


Menurut Matt Cutts, ada dua elemen content yang akan memegang peranan penting dalam SEO suatu situs atau blog di tahun 2008.


Yang pertama adalah orisinalitas atau keaslian content. Sudah bukan hal yang mengagetkan kalau original content digadang-gadang sebagai salah satu parameter utama dalam penentuan SERP. Namun pada kenyataannya, di tahun 2007 lalu kita masih dapat “mengakali” mesin pencari untuk mengangkat situs kita di posisi nomer satu, meskipun contentnya kopas. Triknya tidak etis untuk dibahas (ada petunjuknya di forum AdSense-Sby FYI), yang lebih penting untuk dicermati adalah, apakah di tahun 2008 nanti mesin pencari dapat dengan cerdas melibas semua duplicate content atau tidak.


Yang kedua adalah content yang niched alias terfokus pada satu topik. Belum jelas apakah ini berarti situs atau blog gado-gado bakal diharamkan di tahun 2008, tapi jika ya, sepertinya teman-teman yang mencari nafkah dari paid review harus melupakan pengunjung dari mesin pencari untuk blog yang mereka gunakan untuk menulis review. Afterall, Google memang membenci paid review kan?


Di luar itu, situs atau blog dengan niched content sejatinya lebih mudah untuk dioptimasi ketimbang situs atau blog campuran. Setidaknya dalam membangun backlink kita tidak perlu bingung anchor text apa yang akan digunakan, hehehe. Oleh karena itu tidak ada salahnya kok untuk bersiap-siap mematuhi rambu mesin pencari yang satu ini.




Bagian ke-empat atau bagian terakhir dari artikel mini-seri “Kunci SEO 2008” akan membahas tentang “Personalisasi / Lokalisasi“. Seperti biasa, stay tune yah :)


PS: Gambar diambil dari www.softbank.com/images/portfolio/



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 24 January 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Google