Panduan Membuat Versi Mobile Blog Kita Melalui Mofuse


Seperti yang saya janjikan beberapa waktu lalu, berikut ini panduan untuk membangun versi mobile dari blog kita dengan menggunakan layanan Mofuse. Meskipun tutorial ditulis berdasarkan versi keanggotaan yang berbayar, namun secara umum dapat pula diimplementasikan di edisi gratisan. Yang dapat dibuat versi mobile juga bukan hanya blog. Situs biasa pun bisa, asalkan ada fitur RSS-nya. Sudah siap?


Langkah-langkah membuat versi mobile blog di Mofuse:



  1. Yang pertama dan paling utama, buatlah akun terlebih dahulu di Mofuse. Formnya ada di sebelah kanan halaman depan Mofuse. Untuk yang ini tentu tidak perlu dipandu, kan?

    Image Hosted by ImageCows Images

  2. Setelah terdaftar, login ke akun Anda dan masuk ke dalam Dashboard. Klik menu Create a Mobile Site yang ada di sebelah kiri halaman.

    Image Hosted by ImageCows Images

  3. Form pembuatan situs mobile yang baru akan terbuka. Isikan data-data situs Anda di form tersebut. Tekan tombol Create Mobile Site jika sudah. Jangan lupa untuk mencentang checkbox tanda persetujuan akan User Agreement mereka.

    Image Hosted by ImageCows Images


    Image Hosted by ImageCows Images

  4. Jika sukses, Anda akan kembali ke layar Dashboard dan statistik umum dari situs mobile yang baru saja Anda buat akan ditampilkan. Karena masih baru, tentu saja statistiknya masih kosong. Contoh halaman statistik untuk situs yang sudah didatangi pengunjung dapat dilihat di bawah ini:

    Image Hosted by ImageCows Images

  5. Untuk kostumisasi tampilan situs mobile Anda rasanya dapat Anda lakukan sendiri melalui menu Make It Unique yang ada di bagian kanan. Anda juga dapat mempromosikan versi mobile dari situs Anda ini dengan berbagai tool yang disediakan di bagian Promote. Setidaknya install kode Automatic Redirect sehingga pengunjung yang datang dengan menggunakan HP akan langsung disuguhi versi mobile dari situs Anda.

  6. Sebelum beranjak ke dua fitur khusus berbayar, Anda juga dapat menambahkan iklan ke dalam situs mobile Anda! Ada dua layanan iklan yang didukung, yaitu AdSense for Mobile dan Admob. Untuk AdSense for Mobile tidak perlu dipikirkan karena publisher Indonesia belum diberi wewenang untuk memanfaatkannya. Lain halnya dengan Admob. Namun jangan lupa, untuk keanggotaan gratis, Anda harus rela berbagi penghasilan dengan pihak Mofuse. 50:50 kalau tidak salah. Mau yang 100%? Ya upgrade dong :)

    Untuk menambahkan iklan Admob di situs mobile Anda, klik menu Monetize di sebelah kanan. Apabila Anda belum memiliki akun di Admob, ikuti petunjuk cara mendaftar dan mensetting akun Admob Anda yang telah disediakan oleh Mofuse.


    Image Hosted by ImageCows Images

  7. Apabila Anda telah mengupgrade keanggotaan Anda di Mofuse menjadi Pro (berbayar), Anda dapat memanfaatkan dua fitur tambahan, yaitu Custom Domain dan Your Logo. Yang pertama berguna agar seolah-olah versi mobile dari blog kita tersebut berada di subdomain milik kita sendiri (contohnya: mobile.cosaaranda.com), sedangkan yang kedua untuk menambahkan logo milik kita sendiri ke situs mobile yang telah kita buat.

    Image Hosted by ImageCows Images


    Untuk Custom Domain, setelah mengisi form di atas, kita harus mensetting CNAME dari domain kita dan mengarahkannya ke alamat yang telah ditentukan oleh Mofuse. Pastikan terlebih dahulu bahwa hosting Anda menyediakan fitur domain management. Untuk hosting dari blog ini kebetulan layanan tersebut tersedia dan dapat dimanfaatkan dengan mudah (bukan promosi).


    Image Hosted by ImageCows Images


    Terakhir, untuk logo, rasanya tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Cukup upload gambar logo yang Anda inginkan dan nantinya secara otomatis gambar tersebut akan muncul di bagian header situs mobile Anda. Yang perlu diingat, agar sesuai dengan ukuran “layar” mobile Mofuse, ukuran logo harus 200 x 30.


Selamat mencoba :)



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 7 February 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Google